Agar Cepat Besar, Rawat Anak Ayam Bangkok Dengan Cara Ini

Anak Ayam Bangkok

Ayam bangkok yang berkualitas tentunya juga didapat dari bibit yang berkualitas juga. Namun untuk mendapatkan calon ayam jago super selain bibit berkualitas, perawtan yang diberikan juga sangat menentukan hasil yang akan didapat nantinya. Disini kami agen s128 akan memberikan tips atau cara merawat anak ayam bangkok agar cepat besar dan tumbuh menjadi ayam jago super nantinya. Perawatan dari anakan ini sangat penting untuk dilakukan karena dari sinilah asal mula ayam yang akan kita lagakan.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok

Dalam melakukan perawatan anak ayam bangkok terdapat 5 aspek yang perlu diperhatikan. Kelima aspek tersebut adalah kandang, pakan, suplemen, cabut bulu, dan pemeliharaan intensif dalam kandang. Kelima aspke ini sangat mendukung keberhasilan kita dalam memelihara dan merawat anakan hingga menjadi ayam jago yang kita harapkan. Berikut ini kami uraikan tentang 5 aspek dalam merawat anak ayam bangkok tersebut.

Kandang Untuk Anak Ayam Bangkok

Persiapan yang pertama tentunya adalah kandang. Karena kandang box sangat dibutuhkan oleh anakan ayam bangkok saat usia 3/4 hari. Bila sobat membiarkan anakan ayam bangkok tinggal atau diasuh oleh induknya maka pertumbuhannya akan lambat. Selain perawatannya yang kurang baik dari induknya, pakan yang diberikan pun kurang terjamin. Dan yang paling penting adalah penerangan kandang. Penerangan berfungsi menjaga suhu kandang agar tetap hangat.

Baca Juga : Ciri Ciri Ayam Bangkok Super

Anak ayam usia 1 sampai 2 bulan masih sangat lemah, jika tidak diberikan penerangan berupa lampu mereka bisa kedinginan dan akhirnya mati. Kecuali kalau bersama induknya, dia tidak membutuhkan penerangan karena sudah mendapat kehangatan dari sang induk. Untuk penerangan disarankan menggunakan lampu 5 watt saja supaya suhunya tidak terlalu panas. Di samping itu kalian juga harus mengatur sirkulasi udara. Jangan sampai sirkulasi pada kandang terlalu lebar sehingga si bayi ayam bisa terkena virus penyakit dari udara yang masuk. So, buatlah sirkulasi udara dengan rapat.

Pemberian Pakan yang Baik

Pada usia 1-2 hari, anak ayam sebaiknya cukup diberi air saja. Kebutuhan nutrisi ayam masih dapat terpenuhi oleh kuning telur yang menempel pada bulu-bulunya. Lewat usia tersebut, pakan berupa pur bisa diberikan dalam jumlah sewajarnya. Adapun untuk menghemat pengeluaran, pakan pur juga bisa dicampuri bekatul dengan perbandingan 4:1. Dan apabila usia anak ayam sudah mencapai 2 bulan atau 3 bulan, Anda dapat memberi dedak atau pur yang dicampur bekatul dan jagung dengan porsi 4 banding 1.

Suplemen Tambahan

Pemberian suplemen bisa dilakukan dengan menambahkan susu bubuk yang dicapurkan dengan makananya sekitar 4: 1 untuk memenuhu kebutuhan gizinya terutama kebutuhan tulang akan kalsium. Kemudian bisa juga memberikan multivitamin pada minumanya untuk mencegah anakan dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang seperti vitachick atau gunakanlah cacing exitor jika ada indikasi anakan terserang cacingan. Namun pemberian harus dilakukan sesuai dosisnya.

Cabut Bulu

Bulu yang terlalu banyak pada ayam akan menghambat pertumbuhan si ayam. Sebab penyerapan nutrisi makanan menjadi berkurang, sehingga jika bulunya sudah terlihat tebal sebaiknya segera dicabut, agar makanan yang dikomsumsi bisa terserap dengan baik dan maksimal. Nah, bagian manakah yang perlu dicabut? Untuk ayam usia 3 minggu, bulu yang dicabut adalah pada bagian sayap dan ekor sedangkan untuk usia 2 bulan maka bagian dada dan pahanya. Adapun bulu punggung dan bulu leher yang sudah rontok tetap saja harus dicabut sisanya.

Perawatan Intensif

Perawatan anak ayam bangkok aduan hingga usia 6 bulan atau sampai bulu rawis dan leher barunya tumbuh sebaiknya cukup di dalam kandang saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari hilangnya energi ayam karena ia terlalu banyak bermain. Energi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuhnya akan hilang bila ia sering diumbar. Oleh karena itu, jika ingin mengumbarnya, berikanlah waktu tidak lebih dari 30 menit setiap harinya.

Demikianlah pembahasan dari kami tentang Cara Merawat Anak Ayam Bangkok agar cepat tumbuh besar. Semoga berguna bagi anda yang saat ini sedang memelihara anak ayam sehingga menjadi calon ayam jago super nantinya. Sebagai informasi tambahan, disini kami selaku agen s128 menyediakan permainan sabung ayam online yang bisa anda ikuti dengan melakukan pendaftaran akun bersama website kami berikut ini.

  1. BetSabung303.com
  2. AyamJago.Online
  3. SabungManuk.com
  4. SabungManuk.net

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *