Ayam Bangkok Lumpuh? Obati Dengan 4 Cara Ampuh ini

Ayam Bangkok Lumpuh

Penyakit lumpuh merupakan salah satu penyakit yang membuat kita khawatir jika menyerang ayam bangkok kita. Dari namanya saja sudah membuat kita cemas akan terjadi apa apa dengan ayam kita tersebut. Namun jika menemui masalah ini kita masih punya harapan untuk mengatasinya dengan benar. Asalkan kita masih berusaha, tentunya segala masalah pada ayam kita akan dapat diatasi. Ayam Bangkok Lumpuh ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Lalu faktor apa sajakah penyebab ayam lumuh ini? berikut penjelasannya.

  1. Terkena pukulan telak lawan pada bagian yang sensitif. Biasanya dampaknya akan timbul langsung dan bisa juga mucul beberapa hari setelah diadu.
  2. Ayam kita memukul benda benda keras seperti batu ketika bertarung dengan ayam lainnya. Biasanya ayam akan mengalami kesakitan pada bagian kaki karena benda keras yang dipukul tanpa sengaja.
  3. Ayam yang dipaksa bertarung saat usianya masih muda. Hal ini jelas akan membuat kondisi ayam yang kita adu mengalami taruma fisik.
  4. Ayam diadu dengan ayam yang lebih tua tanpa persiapan yang lebih matang. Yang jelas ayam tua sudah memiliki fisik yang lebih kuat jika diadu dengan ayam yang lebih muda.
  5. Peneyebab terakhir yakni ayam terlalu sering diabar sehingga stamina ayam yang belum betul betul pulih terkuras habis.

Dengan melihat beberapa penyebab diatas, sebenarnya kita dapat mengurangi resiko ayam lumpuh dengan cara menghindari penyebab penyebab yang seharusnya tidak kita lakukan. Namun jika lumpuh karena terkena pukulan, mungkin itu tidak bisa kita hindari karena saat bertarung pastinya setiap ayam akan mengeluarkan pukulan untuk menumbangkan lawannya. Saat bertarung, jauhkan benda benda keras yang bisa mengenai ayam dan juga memberikan abaran sesuai dengan kebutuhan ayam agar tidak mengalami hal ini.

Baca Juga :

  1. Obat Ayam Bangkok Cacingan
  2. Obat Ayam Bangkok Berair dan Berbusa
  3. Obat Ayam Bangkok Ngorok

Lalu bagaimanakah cara mengobati ayam bangkok lumpuh ini? Berikut ini adalah 4 cara mengobati ayam bangkok lumpuh yang bisa anda coba.

4 Cara Mengobati Ayam Lumpuh

Untuk mengobati ayam lumpuh ini meliputi Mengobati dengan Daun Serai / Sereh, Mengobati dengan Obat Dalam Tradisional, Mengobati dengan Obat Pabrik serta perawatan yang diberikan. Disini saya akan menjelaskan cara mengobati serta cara merawat agar ayam kita bisa kembali pulih. Sebelum melanjutakan ketahap pengobatan, pisahkan ayam yang lumpuh dikandang yang berbeda dengan ayam lainnya. Selanjutnya silahkan ikuti langkah langkah berikut ini.

1. Mengobati dengan Daun Serai / Sereh

Perlakuan dan obat ayam lumpuh yang pertama adalah daun serai. Daun yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan daun serai yang ditumbuk pada bagian yang terlihat sakit pada ayam. Penempelan dilakukan dengan bantuan kain perban selama 2 hari hingga diganti dengan yang baru jika belum sembuh.

2. Mengobati dengan Obat Dalam Tradisional

Selain dengan obat luar berupa daun serai, ayam lumpuh juga perlu diberi obat dalam. Obat ayam lumpuh bisa dibuat dari bumbu-bumbu yang ada di dapur. Cara membuatnya yaitu sediakan bawang merah, cabe merah, dan jahe dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Semua bahan ditumbuk halus kemudian cekoki ayam dengan obat ramuan tersebut. Lakukan sehari sekali saat malam hari. Jika di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang hingga hasilnya dirasa memuaskan.

3. Mengobati dengan Obat Pabrik

Selain obat obat diatas, kita juga bisa menggunakan obat pabrik seperti Kapsul Ostelin. Obat ini merupakan salah satu obat yang di produksi oleh EKA FARMA. Di dalam kapsul ini juga mengandung vitamin untuk menambah dan menjaga kesehatan ayam. Dalam hal ini kapsul ostelin tentu saja bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah datangnya penyakit kelumpuhan pada ayam kita. Untuk mengantisipasi penyakit kelumpuhan pada ayam Anda dapat memberikan kapsul ostelin satu butir setiap harinya. Namun jika ayam Anda sudah menderita kelumpuhan Anda dapat memberikanya 3 kali sehari.

4. Perawatan

Setelah memberikan pengobatan diatas, lakukan perawatan agar ayam bangkok bisa segera pulih. Untuk perawatannya yakni jangan memandikan dan menjemur ayam sebelum ayam benar benar pulih. Usahakan agar kandang tetap hangat terutama pada malam hari. Caranya yakni dengan emnutup kandang dengan kain agar udara dingin tidak masuk kedalam kandang. Selain itu berikan multivitamin agar kondisi fisik ayam tetap terjaga selama masa penyembuhan.

Demikianlah cara mengobati ayam bangkok lumpuh yang dapat kami berikan. Semoga dapat berguna bagi anda dan jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan, harap sisipkan komentar anda pada bagian bawah artikel ini. Sebagai informasi tambahan, kami menyediakan permainan taruhan online pada permainan sabung ayam filipina dengan piliah produk S128 dan Sv388 yang bisa anda ikuti dengan melakukan pendaftaran akun bersama BetAyam303.com.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *