Cara Tepat Mengobati Mata Ayam Bangkok Berair dan Berbusa

Mata Ayam Bangkok Berair

Masalah yang sering dijumpai botoh ayam bangkok adalah mata berair dan berbusa. Selain itu penyakit ayam ngorok juga sering dialami. Ya, penyakit ini bisa menyerang ayam siapa saja tanpa mengenal usia dari ayam tersebut. Penyakit ini jelas sangat mempengaruhi kesehatan ayam aduan karena turunnya aktifitas yang diakibatkan turunnya nafsu makan. Hal ini juga berefek buruk pada kemampuan bertarung yang dimana jika nafsu makan kurang, ayam tentunya tidak memiliki tenaga dan terlihat lesu.

Tentunya sebagai pemilik ayam kita tidak menginginkan hal ini terjadi pada ayam kita. Ayam yang kita rawat dan pelihara dengan baik jika terkena penyakit ini tentunya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan bahkan takut akan terjadi apa apa dengan ayam kita. Saya pribadi juga pernah mengalami hal yang sama. Dimana ayam andalan saya yang pernah menang dalam pertarungan tiba tiba terkena pukulan yang mengakibatkan mata ayam saya selalu berair dan berbusa.

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Ayam Bangkok

Apakah penyebab Mata Ayam Bangkok Berair dan Berbusa?

Mata Ayam Bangkok Berair dan Berbusa ini biasanya disebabkan beberapa faktor seperti infeksi bakteri / virus, masuknya benda ke dalam mata dan juga bisa disebabkan adanya cacing dalam mata. Namun untuk ayam bangkok sendiri biasanya disebabkan terkena pukulan sehingga menyebabkan luka pada mata ayam tersebut. Ayam yang terkena penyakit seperti ini sebisa mingkin dipisahkan dengan ayam kita yang lainnya untuk menghindari penularan. Hal ini bermaksud agar ayam lain tidak terjangkit sehingga korban penyakit semacam ini bisa ditanggulangi dengan cepat.

Ayam yang terkena penyakit mata seperti ini biasanya akan selalu mengeluarkan cairan serta berbusa. Bahkan jika sudah terlalu parah, mata ayam akan bengkak, merah dan belekan. Jika sudah menemui gejala awal seperti berair dan berbusa, segeralah untuk mengobati agar tidak semakin parah.

Bagaimanakah cara mengobatinya?

Jangan cemas, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Nah begitu juga dengan penyakit mata yang pastinya ada obatnya. Jadi anda jangan terlalu berpikir yang bukan bukan dulu ya? Tenangkan pikiran anda karena disini saya akan mencoba memberikan cara untuk mengobati mata ayam berair dan berbusa ini. Untuk pengobatan ini saya pernah mencoba menggunakan daun kelor. Caranya yakni ambil tangkai beserta daun dan kemudian patahkan sehingga akan keluar getahnya. Teteskan getah ini pada mata ayam yang sakit sebanyak 2 atau 3 tetes saja.

Cara lainnya menggunakan daun kelor ini adalah dengan mencuci hingga bersih kemudian haluskan dengan cara melumatkanya. Peras daun kelor yang dilumatkan dan tampung air perasannya. Kemudian basahkan kapas dengan air perasan dan tempelkan pada mata ayam dengan menggunakan plester. Ulangi cara ini setiap hari hingga mata ayam sduah terlihat agak baikan.

Jika terdapat caing pada mata ayam, anda bisa melakukan pengobatan dengan cara cara meneteskan air perasan daun katuk pada malam hari ketika ayam menjelang tidur. Jika cara ini masih kurang efektif, anda bisa mencoba cara kedua yakni dengan menggunakan daun sirih ditambah daun jeruk nipis. Kedua bahan tersebut ditumbuk dan ambil airnya, kemudian teteskan pada mata ayam yang ada cacingnya tersebut.

Selain itu anda juga bisa mencoba menggunakan obat mata manusia seperti Lotte, Rohto dan lain sebagainya. Teteskan 2-3 tetes hingga meresap setiap pagi dan sore hingga mata si ayam kembali bening. Akan tetapi,jika penyakit mata ayam bangkok sudah terlanjur parah,bisa membelikan obat kusus ayam mata untuk hewan Eye Chick yang bisa anda beli khusus di toko unggas atau di apotik di daerah anda.

Demikianlah cara mengobati Mata Ayam Bangkok Berair dan Berbusa yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah yang yang kita bahas tersebut. Sebagai informasi tambahan, kami selaku agen adu ayam menyediakan permainan taruhan adu jago online s128 dan Sv388. Bagi anda yang berminat silahkan kunjungi website kami yakni BetAyam303.com. Terima kasih.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *