Penting!!! Cegah Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok Menggunakan Obat Ini

Penyakit Tetelo

Pada artikel ini kami admin sabung ayam sv388 akan memberikan informasi mengenai penyakit Tetelo yang bisa membahayakan ayam bangkok kita. Sangat penting mengenali penyakit serta cara pencegahan sebelum ayam kita mengalami hal yang tidak kita inginkan. Tetelo ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang jika sudah terlalu parah dapat menyebabkan kematian pada ayam. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Newcastle Desease (ND) yang dapat menyerang ayam disegala usia. Penyakit ini cenderung menyerang pada musim pancaroba atau perpindahan musim kemarau kemusim hujan. Penularannya bisa melalui ludah, feses, makanan, minuman dan udara.

Bagaimanakah mengenali gejala penyakit Tetelo ini? ini adalah pertanyaan yang sangat penting untuk dapat mengenalinya lebih dini. Gejala awal dari penyakit ini ayam akan mengeluarkan berak encer putih, sebagian lembek dan berwarna hijau.  Jika virus tetelo makin kuat maka gejala sakit meningkat, yaitu berak encer putih makin dominan hampir semua putih encer, diiringi gejala sakit/deman seperti lemah, lesu, kurang gairah dan makan sedikit. Peningkatan gejala ini bisa terjadi beberapa jam hingga 1-2 hari.

Gejala selanjutnya yakni jengger agak kebiruan (sulit dilihat), tembolok mengeras (sulit diketahui), nafsu makan turun drastis, gejala penyakit pernafasan muncul seperti megap-megap, bersin, kadang ngorok, dan gejala demam makin parah yaitu kaki dan tubuh gemetar (lemas dan meriang panas/dingin). Gejala ini biasanya akan kelihatan dalam hitungan jam atau hari tergantung daya tahan tubuh serta penangan yang diberikan pada ayam tersebut.

Bila sudah kritis biasanya leher ayam akan kejang seperti lumpuh dan kesulitan dalam bernafas. Kadang gejala leher kejang diikuti dengan kaki lemas atau lumpuh. Jika ayam tidak kuat maka setelah gejala leher kejang ayam akan mati dalam beberapa jam, jika masih kuat maka leher kejang berlangsung 1-2 hari hingga sembuh atau ayam sembuh dengan kepala terpuntir. Jadi sebelum ayam kita terkena penyakit ini, sebaiknya lakukan pencegahan karena jika sudah terlalu parah, ayam akan sangat sulit untuk disembuhkan. Lalu bagaimana cara pencegahannya? Simak penjelasan kami berikut ini.

Pencegahan Penyakit Tetelo Pada Ayam Bangkok

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pencegahan secara dini akan mengurangi resiko ayam kita terkena penyakit tetelo ini. Karena hingga saat ini belum ada obat medis yang mampu mengobati jika keadaan sudah kritis. Jadi untuk pencegahannya dapat mengikuti cara cara berikut.

1. Memberikan ramuan dari campuran kunyit dan bawang putih. Caranya yakni kunyit dan bawang putih ditumbuk dan diberikan pada ayam 3 kali seminggu.
2. Memberikan antiseptik atau disinfektan alami yakni daun sirih. Daun sirih ini mampu menyembuhkan ayam bangkok dewasa yang baru terkena gejala tetelo ini.
3. Memberikan campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah (sangat pahit), sambiloto (sangat pahit), temu kunci.
4. Memberikan campuran kunyit putih, sambiloto dan temu kunci. Campuran ini juga mampu menyembuhkan ayam bangkok dewasa yang baru terkena penyakit ini.

Untuk pencegahan, setidaknya gunakan 3 jenis dari bahan obat obatan diatas secara rutin agar penyakit ini tidak menyerang ayam kita. Selain itu usakan untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan serta suplemen yang teratur. Namun jika sudah mendapati ayam bangkok kita terkena penyakit ini dan sudah terlalu parah, sebaiknya ayam dimusnahkan dengan cara membakar atau mengubur ayam agar tidak menular pada ayam lainnya.

Demikianlah informasi dari kami mengenai cara pencegahan penyakit tetelo pada ayam bangkok dan semoga bermanfaat bagi anda. Disini kami menginformasikan permainan taruhan sabung ayam online dengan pilihan produk S128 dan Sv388 yang bisa anda ikuti dengan bergabung bersama BetSabung303.com. Terima kasih.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *