Selepas Berlaga, Stamina dan Kebugaran Ayam Bangkok Akan Pulih Dengan Cara Ini

Ayam Setelah Diadu

Salam satu hobi dari admin adu jago. Pada artikel ini admin akan memberikan tips dalam mengembalikan stamina dan kebugaran ayam bangkok selepas berlaga. Ayam bangkok yang habis diadu pastinya akan mengalami kelelahan dan juga penurunan stamina. Untuk itu, ayam jago kesayangan kita ini harus diberikan perawatan, pakan yang tepat serta ramuan khusus untuk memulihkan stamina ayam tersebut. Hal ini sangat penting dan bertujuan agar ayam akan kembali bugar seperti semula.

Perawatan Ayam Setelah Diadu

Perawatan apa saja yang kita lakukan untuk mengembalikan stamina dan kebugaran ayam bangkok ini? Disini kami akan memberikan tips yang mungkin berguna bagi anda. Langkah langkah yang kami jabarkan disini terbilang sangat mudah karena umumnya botoh ayam menerapkan langkah ini dalam merawat ayam aduan mereka. Langkah langkah tersebut meliputi perawatan serta pemberian makan dan ramuan khusus seperti dibawah ini.

Pembersihan Luka dan Seluruh Bagian Badan Ayam

Langkah pertama adalah membersihkan luka maupun seluruh badan ayam bangkok. Untuk membersihkan luka bisa menggunakan air bersih yang dicampur dengan antiseptik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi infeksi pada bagian luka serta memperlancar aliran darah. Kemudian bersihkan bagian dalam tengggorokkan menggunakan bulu kecil. Caranya yakni dengan memasukkan bulu ayam betina yang sudah kita basahi sebelumnya. Setelah bulu ayam masuk, putar bulu agar kotoran yang ada dalam tenggorokkan dapat dibersihkan. Kemudian keluarkan bulu dan bersihkan bulu lalu ulangi langkah ini beberapa kali hingga tenggorokkan menjadi bersih.

Baca Juga : Perawatan dan Doping Ayam Sebelum Laga

Pemberian Ramuan Khusus Untuk Mengembalikan Stamina

Langkah selanjutnya setelah ayam dibersihkan adalah memberikan ramuan ramuan khusus yang dapat menjadi indikator dalam mengembalikan stamina ayam. Ramuan ini sangat banyak jenisnya dan disini kami akan memberikan resep ramuan menggunakan bahan bahan alami. Untuk lebih jelasnya adalah sebgai berikut.

1. Ramuan Kencur Basah

Bahan bahan yang dibutuhkan

  1. 50 gram kencur basah
  2. 500 gram beras biasa
  3. 3 butir telur bebek (diutamakan berasal dari bebek yang diumbar)
  4. Madu dan gula aren secukupnya.

Cara pembuatan:

  • Pertama, rendam beras dengan air selama beberapa saat kemudian turuskan.
  • Kupas kencur lalu tumbuk halus bersama beras yang telah dituruskan.
  • Setelah beras dan kencur halus, selanjutnya campurkan telur bebek, gula aren, serta madu secukupnya.
  • Selanjutnya, buat adonan tersebut menjadi butiran seukuran biji jagung. Jemur hingga kering.
  • Setelah kering, simpan jamu tersebut dalam wadah yang kedap udara dan ditempat yang kering agar jamu bisa disimpan lama dan digunakan berulang ulang.

Untuk pemberian ramuan ini sebaiknya diberikan setelah ayam diberikan sedikit makanan agar lambungnya dapat menerima ramuan ini. Berikan sesuai dengan kondisi ayam seperti jika telah mengalami pertarungan yang sengit, maka berikan sebanyak 2 butir. Sedangkan untuk kondisi yang tidak terlalu sengit cukup berikan satu butir saja.

2. Ramuan Daun sambiloto

Bahan bahan yang dibutuhkan

  1. Daun sambiloto secukupnya
  2. Kunyit secukupnya
  3. Air bersih

Cara pembuatan Dan pemberian :

Cara pembuatannya sangat mudah yakni kunyit diparut dan rebus air bersih hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan kunyit yang sudah diparut. Kemudian masukkan daun sambiloto sambil diaduk hingga kelihatan kekuningan ataupun sudah kelihatan matang lalu tiriskan. Air racikan tadi diberikan dengan takaran 2- 3 pada ayam dan spetkan kemulut ayam dengan menggunakan suntikan. Suntikan ini bisa dibeli diapotik namun untuk memberikannya tanpa menggunakan jarum.

Setelah membersihkan badan dan memberikan ramuan diatas, biarkan ayam istirahat selama beberapa hari. Nah jika kita rasa kondisi ayam sudah agak normal dengan di tandai nafsu makan sudah normal maka ayam sudah bisa untuk kita lakukan latihan senam ringan hanya untuk melemaskan otot-otot yang lama tidak melakukan gerak untuk menghindari ayam turun urat. Setelah itu berikan pakan yang bertekstur lembut namun jika ayam tidak mau makan maka bisa diberikan susu cair yang kita lolohkan kedalam tenggorokkan.

Demikianlah tips dari kami dalam mengembalikan Stamina dan Kebugaran Ayam Bangkok setelah berlaga. Semoga bermfaat bagi anda pembaca sekalian dan jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan, harap sisipkan komentar anda dibagian bawah blok kami ini. Disini kami selaku admin adu jago menawarkan permainan taruhan sabung ayam online S128da Sv388 yang bisa anda mainkan dengan bergabung bersama BetSabung303.com.

Releated Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: